Friday 29 January 2016

BELAJAR THIBBUN NABAWI

SEJARAH  SINGKAT THIBBUN NABAWI
      Thibbun  Nabawi adalah Ilmu Kedokteran Islam yang bersumber pada Alqur’an dan al Hadits
      Thibbun Nabawi adalah Metode pengobatan yang diajarkan Nabi SAW ( Medicine of The Prophet  SAW )
      Thibbun Nabawi adalah bukti Ilmiah dan rahasia kesembuhan dalam pengobatan Nabawi
      Community of Thibbun Nabawi adalah Komunitas Terapis Herbalis / Praktisi Kesehatan Alami bekerjasama dengan Asosiasi Bekam Indonesia

Sejarah Singkat Thibbun Nabawi
      Istilah atau sebutan “ Thibbun Nabawi “ dimunculkan oleh para Dokter Muslim sekitar abad ke-13 masehi untuk memudahkan klasifikasi ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan kepada Alloh, serta bimbingan Al Qur’an dan as sunah.
      Ibnu Kholdun dalam muqodimahnya mengatakan bahwa kedokteran Islam (Thibbun Nabawi) muncul sebagai integrasi ilmu kedokteran Yunani, Persia, India, china dan Mesir yang dipandu dengan wahyu Nabi.

“al Qonun Fi’th Tibb”
      Thibbun Nabawi merupakan perpaduan berbagai disiplin ilmu kedokteran yang dikembangkan umat Islam keseluruh Dunia, dari Arab ke Eropa dan keseluruh Barat pada awal abad ke-19 orang Yahudi dan Nasrani menghapuskan ilmu kedokteran yang bernilaikan islam dan berdasarkan wahyu Ilahi dari kurikulum sekolah mereka di Negara-negara Eropa.
      Ibnu Siena (980 – 1037) yang oleh orang-orang Barat kepandaiannya dianggap sejajar dengan Aristoteles, telah menulis buku yan terbaik  “Al Qonun Fi’th – Tibb” ( Canon of Medicine ) yang sampai saat ini disebut sebagai bapak kedokteran Islam.
      Karena kegigihan Dokter-Dokter Muslim dalam mengembangkan ilmu kedokteran , maka akhirnya kedokteran Islam menguasai Dunia.

IBNU SINA (980-1037 M)
      Bila al-farabi telah meninggalkan pusaka yang tak ternilai dalam ilmu falsafah dan musik, maka Abu ‘Ali Husein bin ‘Abdullah bin Sina tidak kurang pula meninggalkan jasa yang amat besar dalam ilmu tabib dan falsafah.
      Ibnu Sina adalah satu contoh dari otodidak muslim yang sanggup meluaskan dan memperdalam pengetahuannya dengan kekuatan hati dan otak sendiri & tak merasa perlu akan diploma,ia lebih mementingkan amal daripada pujian ijazah, meninggikan hakekat darpada kemolekan bungkus. (M.Natsir – Dalam Perspektif  Sejarah Islam)

Keajaiban Thibbun Nabawi
Bukti Ilmiah dan Rahasia Kesembuhan dalam metoda pengobatan Thibbun Nabawi
      Ada Kilatan indah dari cahaya Kenabian dalam resep-resep pengobatan Nabawi.
      Ketika penyakit sulit diobati para pakar modern maupun klasik, maka mereka mengarahkan pandangan mereka kepada pengobatan yang berdasarkan wahyu, yaitu dari sabda “sang penutup Nabi” (Aiman ‘Bin Abdul Fattah)

Thibbun Nabawi adalah Fakta
      Ia keluar dari pelita kenabian,Yaitu: dari wahyu yang diberikan kepada Nabi yang tidak berbicara berdasarkan nafsu, karena itu tidak ada yang menolaknya selain manusia yang cacat imannya dan rusak fitrahnya (Dr. Syaikh Muhammad Bin ‘Abdul Mun’in)

Menguak rahasia Ilmu Kedokteran dalam Al Qur an
      Orang yang sedang sakit tidak punya kesempatan untuk berjihad dijalan Alloh, demi membela Agama dan negaranya. Penyakit akan membuatnya tidak bisa mencari rezeki,berdiri tegak dalam kompetisi kehidupan, bahkan tidak jarang akan menghalanginya untuk ibadah haji,menjalankan puasa dan menunaikan puasa kifarrat.
      Penyakit memberi pengaruh pada organ syaraf,pikiran,perasaan serta ia akan memberikan pengaruh pada kehendak yang lemah,tubuh yang loyo,lemas dan orang-orang disekitarnya tidak bisa memperoleh manfaat yang besar sebagaimana orang yang sehat. (Dr.dr. H.Muhammad Washfi)

Tafsir Ayat Al Tajhij
      Alloh menurunkan Al qur an sebagai sumber pedoman hidup, maka dengan mengetahui dan memahami nama-nama al qur an yang 55 seperti tertera dalam hadis, akan lebih memiliki keyakinan dan pemahaman tujuan yang diturunkan, maka salah satu nama Al quran adalah ASY SYIFA (Obat/Penawar) seperti firman Alloh dalam surat Yunus (10):57

      “Hai manusia, sesungguhya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhan-Mu dan Obat bagi penyakit yang berada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman”. (KH.Drs.Muchtar Adam)

Kata Kunci: Belajar Thibbun Nabawi, Thibbun Nabawi, Pelatihan Thibbun Nabawi, Mari Belajar Thibbun Nabawi, Mengenal Thibbun Nabawi, Sejarah Thibbun Nabawi, Keajaiban Thibbun Nabawi, Herbal dan Thibbun Nabawi, Dalil Thibbun Nabawi

2 comments: